Friday, February 24, 2017

KITAB SISTEM OPERASI (ebook)

kali ini akan saya share sebuah ebook tentang sistem operasi yang sangat detail dan bagus.
cocok untuk referensi para mahasiswa jurusan komputer/informatika maupun para anak SMk jurusan Informatika ( TKJ/MM/RPL)
atau paa dev yang mau mengembangan sebuah sistem operasi baru. :)





secara sekilas berikut kutipan dari kesimpulan pada bab awal,

Sistem Operasi telah berkembang selama lebih dari 40 tahun dengan dua tujuan utama. Pertama, Sistem Operasi mencoba mengatur aktivitas-aktivitas komputasi untuk memastikan pendaya-gunaan yang baik dari sistem komputasi tersebut. Kedua, menyediakan lingkungan yang nyaman untuk pengembangan dan jalankan dari program.
Pada awalnya, sistem komputer digunakan dari depan konsol. Perangkat lunak seperti assembler, loader, linker dan kompilator meningkatkan kenyamanan dari sistem pemrograman, tapi juga memerlukan waktu set-up yang banyak. Untuk mengurangi waktu set-up tersebut, digunakan jasa operator dan menggabungkan tugas-tugas yang sama (sistem batch).
Sistem batch mengizinkan pengurutan tugas secara otomatis dengan menggunakan Sistem Operasi yang resident dan memberikan peningkatan yang cukup besar dalam utilisasi komputer. Komputer tidak perlu lagi menunggu operasi oleh pengguna. Tapi utilisasi CPU tetap saja rendah. Hal ini dikarenakan lambatnya kecepatan alat-alat untuk M/K relatif terhadap kecepatan CPU. Operasi off-line dari alat-alat yang lambat bertujuan untuk menggunakan beberapa sistem reader-to-tape dan tape-to-printer untuk satu CPU. Untuk meningkatkan keseluruhan kemampuan dari sistem komputer, para developer memperkenalkan konsep multiprogramming.

judulnya adalah kitab sistem operasi v 4.0
 bagi yang penasaran dengan isinya silahkan unduh disini

semoga bermanfaat bagi perkembangna tekonologi indonesia :)



No comments:

Post a Comment