Monday, January 16, 2017

Review simungil Mikrotik murmer RB941-2nD

Review Mikrotik RB941-2nD


Untuk Pertama kali saya akan mereview sebuah Mikrotik yang sangat murah sekali, masih anget dari bungkusnya. routerboard hAP series.
sekilas dari penampilan sangat elegan karena posisinya yang bisa berdiri dan mempunya alas yang seperti cakar cocok untuk dipakai di kamar/kantor/ruangan kerja.

ada beberapa hal yang akan saya bahas antara lain adalah :

  • bahan/casing
karena harganya yang murah yaitu 300rban makan jelas Bahan yang dipakai untuk casing adalah dari plastik. setelah saya teliti lumayan kuat keras dan licin, 
sehingga yang perlu diperhatikan adalah pada tombol reset nya karena casing ini sekaligus sebagai penutup untuk tombol resetnya sehingga kalau tidak hati-hati makan akan mudah patah jika sering di hard reset secara berlebihan.

  • fitur
si mungil ini mempunyai Processor 650Mhz dan 4 buah port Fast Ethernet yang sangat penting dan dibutuhkan untuk membuat jenis-jenis jalur yang bervariasi. aplagi ditambah dengan wirelles bawaan yang bekerja pada frekuensi 2.4 dengan protocol 802.11 dan support mode b/g/n sehingga kecepatan data bisa maksimal untuk koneksi dengan bandwith besar. walau agak disayangkan karena antena internal nya cuma dual-Chain 2 x 1.5 dbi dan belum suuport MIMO. :(
yang lebih disayangkan lagi RB ini tidak tersedia port usb dan memori nand cuman 16MB dan RAM 32MB sehingga kita tidak bisa menambah kapasitas memori untuk keperluan proxy atau penambahan dial melalui modem gsm.

yang unik dari RB ini adalah pada suppy tegangan yang cuma 5V dan bentuk port nya sama kayak charging smartphone (mikro usb). sehingga tegangan suppy ini multi fungsi juga bisa untuk charger handphone atau sebaliknya :) bahkan bisa kita supply dari powerbank ponsel :v
cuma yang harus diperhatikan adalah ketika mau mencolokkan mikro usb ke RB RB941-2nD ini harus hati-hati dan pastikan tidak terbalik karena bentuknya yang hampir mirip. agak lain dengan mikro usb dari smart phone. dikhawatirkan akan merusak port usb nya. untuk itu supaya diperhatikan dalam memasukkan port usb ini.


  • Sistem Operasi
RB ini menggunakan ROS dengan versi 6.34.2 stable dan firmware 3.33 yang mempunyai level 4 yang kemungkinan klient bisa terhubung pada wifi RB941-2nD sekitar 200 dan queue yg unlimited.


demikian sedikit review dari RB941-2nD yang barusan saya terima setelah pesan online pada bebrapa hari sebelumnya. untuk ketangguhan dari alat ini akan saya ulas nanti setelah kami setting dan aktifkan untuk hotspot dan manajemen bandwith dengan rule dan filter yang memakan banyak source.

  • KESIMPULAN
dari pengamatan sekilas dan pengecekan dari hardware maupun software, RB941-2nD ini sangat cocok bagi pemula yang ingin belajar jaringan khususnya pada basic configuration untuk persiapan yang ingin mengikuti MTCNA atau yang mau ujian UKK bagi Jurusan TKJ maupun bagi yang mau buat usaha hostspot kecil-kecilan yang walaupaun sangat disayangkan karena tipe RB941-2nD ini tidak support USER MANAGER sehingga kita tidak bisa pakau untuk membuat hotspot sistem voucher.


sampai ketemu dan nantikan kami di session selanjutnya :v



No comments:

Post a Comment